2.
Tes Formatif
Berilah
tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D, atau E yang dianggap paling
tepat!
1.
Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf operasional
kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan
gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika
disertai dengan menggunakan:
A.
Media gambar
B. Media benda nyata
C.
Media grafis
D.
Media poster
E. Media cetak
2.
Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan
peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta
didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing.
Tindakan
guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama
aspek:
A.
Status Sosial
B.
Moral
C. Etnik
D.
Minat
E. Motivasi
3.
Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi
peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada
keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada
yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan
pelayanan yang sama kepada peserta
didiknya.
Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik
terutama:
A.
Minat
B.
Motivasi
C.
Etnik
D.
Kultural
E. Status social
4.
Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan topik Tata Surya melakukan
pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan
keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai
pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan
karakteristik peserta didik dalam hal:
A. Kemampuan awalnya
B.
Motivasi belajarnya
C.
Perkembangan sosialnya
D.
Perkembangan emosinya
E. Perkembangan motoriknya
5. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan:
A.
Etnik peserta didik
B.
Gaya belajar peserta didik
C.
Gender peserta didik
D. Minat peserta didik
E. Kultural peserta didik
6.
Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik,
memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut
karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama:
A.
Etnik
B.
Minat
C.
Gender
D.
Status social
E. Kultural
7.
Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang
semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti
memperhatikan aspek:
A. Motivasi
B.
Kultural
C.
Sosial
D.
Status sosial
E. Etnik
8.
Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa
tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai
baik-buruk berdasarkan:
A.
Akibat perbuatan
B.
Persetujuan orang lain
C. Kontrak/imbal jasa
D.
Ketertiban sosial
E. Hati nurani
9.
Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori,
dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang
konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru
perlu:
A.
Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.
B.
Menggunakan program audio dan modul.
C.
Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.
D. Menggunakan media audio, video, dan percobaan.
E. Menggunakan modul dan powerpoint.
10. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:
A.
Meronce membuat kalung
B. Menendang bola
C.
Memasang puzzle
D.
Mewarnai pola
E. Menjiplak huruf
Komentar
Posting Komentar