Kunci Jawaban dan Soal Modul pedagogik 1 Kb 3 PPG 2020
2. Tes formatif
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dari pertanyaan
berikut :
1. Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada
individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan
teori belajar….
A. Kognitivistik
C. Konstruktivistik
D. Humanistik
E. Rekonstruktivistik
2. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu
sampai dengan mendapat kan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan
serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan
prinsip belajar dari ....
B. Trial and error
C. Shaping
D.
Konseptualisasi
E. Stimulus respon
3.
Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran
adalah….
A.
Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru
B.
Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan
siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya
C. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan
lingkungan belajar
D.
Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode
pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut
E.
Memberikan penjelasan pengetahuan baru
4.
Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya
manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu
mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan
bagian dari teori ….
B.
Kognitivistik
C.
Konstruktivistik
D. Humanistik
E. Sibernetik
5.
Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar, aktif
berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal hal yang
dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta
didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori ….
A.
Behavioristik
B. Kognitivistik
C. Konstruktivistik
D.
Humanistik
E. Sibernetik
6.
Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui
gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar
melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan
dari......
A.
Enaktif
B.
Intuitif
C. Ikonik
D.
Simbolik
E.
Konflik
7.
Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik
adalah.....
A. Mampu memecahkan masalah
B.
Mampu membuat peraturan
C.
Mampu memahami sebuah kejadian
D.
Mampu mengalami sebuah kejadian
E. Mampu memahami permasalahan
8.
Pernyataan berikut yang menjelaskan
makna istilah kognitif adalah….
A.
Kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C.
Kemampuan berinteraksi
D.
Kemampuan untuk mengintegrasikan diri
E.
Kemampuan mengemukakan pendapat
9.
Dibawah ini adalah tipe belajar menurut
Habermas, kecuali ….
A. Belajar teknis
B.
Belajar praktis
C. Belajar aktif
D.
Belajar emansipatoris
E. Belajar konsep
10.
Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia
bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial
and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau
menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu.
Hal ini merupakan penerapan
teori belajar….
A.
Kognitivistik
B.
Humanistic
C.
Behavioristik
D. Konstruktivistik
E.
Sibernetik
Apabila
mencapai tingkat penguasaan 80% atau lebih, Saudara dapat
meneruskan
dengan modul ini selanjutnya, bagus! Namun jika masih di bawah
80%,
Saudara harus mengulangi materi Kegiatan Belajar 2, terutama pada
bagian yang belum dikuasai.
Komentar
Posting Komentar