Kunci Jawaban dan Soal Modul pedagogik 1 Kb 3 PPG 2020

 Kunci Jawaban dan Soal Modul pedagogik 1 Kb 3 PPG 2020

2. Tes formatif

 

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dari pertanyaan berikut :

 

1. Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar….

A. Kognitivistik

B. Behavioristik

C. Konstruktivistik

D. Humanistik

E. Rekonstruktivistik

2. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapat kan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari ....

A. Conditioning

B. Trial and error

C. Shaping

D. Konseptualisasi

E. Stimulus respon

 

3. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah….

A. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru

B. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya

C. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar

D. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut

E. Memberikan penjelasan pengetahuan baru

 

4. Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari teori ….

A.Behavioristik

B. Kognitivistik

C. Konstruktivistik

D. Humanistik

E. Sibernetik

 

5. Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori ….

A. Behavioristik

B. Kognitivistik

C. Konstruktivistik

D. Humanistik

E. Sibernetik



6. Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari......

A. Enaktif

B. Intuitif

C. Ikonik

D. Simbolik

E. Konflik

7. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah.....

A. Mampu memecahkan masalah

B. Mampu membuat peraturan

C. Mampu memahami sebuah kejadian

D. Mampu mengalami sebuah kejadian

E. Mampu memahami permasalahan

 

8. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….

A. Kemampuan berkomunikasi

B. Kemampuan untuk memecahkan masalah

C. Kemampuan berinteraksi

D. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri

E. Kemampuan mengemukakan pendapat

 

9. Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali ….

A. Belajar teknis

B. Belajar praktis

C. Belajar aktif

D. Belajar emansipatoris

E. Belajar konsep

 

10. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan

teori belajar….

A. Kognitivistik

B. Humanistic

C. Behavioristik

D. Konstruktivistik

E. Sibernetik

 

  

 Teori Thorndike lebih lanjut 

 

 

 Kunci Jawaban dan Soal Modul pedagogik 1 Kb 3 PPG 2020

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apabila mencapai tingkat penguasaan 80% atau lebih, Saudara dapat

meneruskan dengan modul ini selanjutnya, bagus! Namun jika masih di bawah

80%, Saudara harus mengulangi materi Kegiatan Belajar 2, terutama pada

bagian yang belum dikuasai.

Komentar