Riset Pemasaran Dalam Ritel
a. Riset Pemasaran Dalam Bisnis Ritel
Kotler, P. (2005) menyebutnya sebagai “rancangan, pengumpulan,
analisis, dan pelaporan yang sistematis dari data atau temuan yang relevan
dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan”.
Berdasarkan beberapa definisi yang telah dikemukakan, riset pemasaran bisa dimaknai dengan perancangan, pengumpulan data, analisis dan pelaporan secara sistematis, objektif, dan terkendali, yang ditunjukan untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan di bidang pemasaran.
b. Ruang Lingkup Riset Pemasaran Bisnis Ritel
Ruang lingkup riset pemasaran cukup luas, karena mencakup seluruh
kegiatan pemasaran. Kegiatan riset pemasaran diantaranya; penentuan ciri-
ciri pasar, ukuran pasar, potensi pasar, daya kerja pasar, analisis keiutsetaan
dalam pasar, analisis penjualan, analisis pemasaran, analisis pembelian,
ramalan penjualan, produk saingan dan lain sebagainya. Karena luasnya
ruang lingkup riset pemasaran, di bawah ini diungkapkan beberapa riset
pemasaran yang relevan dengan untuk riset bisnis ritel :
1) Riset Pasar
Riset pasar bertujuan untuk perusahaan mengetahui kebutuhan pada konsumen, prediksi pasar sehingga tepat sasaran.
Kegiatan riset pasar :
a) Penganalisisan pasar produk yang ada.
b) Perkiraan besarnya kebutuhan akan barang-barang baru.
c) Penentuan karakteristik pasar untuk barang produksi
d) Ramalan besarnya perdagangan dan besarnya penjualan.
e) Ukuran potensi pasar.
f) Analisis keikiutsertaan dalam pasar.
g) Penentuan ciri-ciri khas pasar.
2) Riset Penjualan
Riset penjualan meliputi pengukuran kemungkinan-kemungkinan penjualan produk suatu bisnis ritel. Riset penjualan
meliputi analisis-analisis catatan-catan yang ada mengenai penjualan dan ramalan penjualan. Tugas pokok pimpinan perusahaan, khususnya yang bertanggungjawab terhadap pemasaran yaitu keputusan-keputusan
dan kebijaksanaan- kebijaksanaan.
Kegiatan Riset Penjualan:
a) Penetapan dan perubahan daerah penjualan.
b) Penilaian metode penjualan barang.
c) Penelitian terhadap penentuan harga yang bersaing.
d) Analisis terhadap aktivitas penjualan dan daya gunanya.
e) Penetapan quota penjualan dan syarat-syarat tenaga penjual.
f) Pendayagunaan biaya-biaya distribusi.
g) Operasi daftar para konsumen.
h) Studi tentang kompensasi penjualan.
i) Studi tentang promosi tentang kupon, sampling dan persetujuan-persetujuan perdagangan.
3) Riset Barang Dagangan
Riset barang yang dijual bertujuan untuk memperoleh barang-barang dagangan yang menguntungkan perusahaan/bisnis ritel.
4) Riset Promosi
Berhasil tidaknya penjualan, sedikit atau banyak diciptakan oleh kegiatan-kegiatan promosi, oleh sebab itu perusahan akan berlomba-lomba melasanakan riset promosi dalam rangka usaha merebut konsumen.
5) Riset Lingkungan
Riset lingkungan mencakup lingkungan ekonomi, lingkungan teknologi
dan lingkungan kebudayaan dan sebagainya.
Sabtu,14 September 2019
1.TOKO KE SATU
NAMA TOKO : Toko Mang Fendi
PEMILIK :Fendi
ALAMAT : Gunung bunder wates
SUPLIER : Bos ade tenjolaya
PEMBAYARAN : Cash
AWAL BERDIRI : 2000
PRODUK YANG PALING LAKU : Mie,Roti,Rokok,Beras
PRODUK YANG KURANG LAKU: Kerupuk,Biscuit Biscuit
OMZET PERBULAN : 2.000.000.00
BELI LANGSUNG ATAY ADA
SALLES YANG DATANG : Beli Langsung
2.TOKO KEDUA
PEMILIK : Alfiah
ALAMAT : Gunung bunder wates
SUPLIER : Bos ade tenjolaya
PEMBAYARAN : Cash
AWAL BERDIRI : 1990
PRODUK YANG PALING LAKU : Beras,Mie,Rokok,
PRODUK YANG KURANG LAKU: Mie Bihun,Mie Telor
OMZET PERBULAN : 2.000.000.00
BELI LANGSUNG ATAU ADA
SALLES YANG DATANG : Salles Datang Satu Minggu Sekali
3.TOKO KE TIGA
NAMA TOKO : Toko Bagus
PEMILIK : Dede supriyadi
ALAMAT : Cimayang Sari
SUPLIER : Beli Sendiri
PEMBAYARAN : Cash
AWAL BERDIRI : 2009
PRODUK YANG PALING LAKU : Rokok,Kopi,Mie
PRODUK YANG KURANG LAKU : Snack,Obat Obatan
OMZET PERBULAN :15.000.000.00
BELI LANGSUNG ATAU ADA SALLES YANG DATANG: Beli Langsung
KESIMPULAN
A. Kesimpulan
Dari hasil wawancara yang saya dapatkan bahwa dari ketekunana
Kegigihan seseorang serta kesabaran. Dapat menghasilkan apa yang ia inginkankan sesuai dalam mahfudzot”man jadda wa jadda barang siapa yang bersungguh
sungguh dapat lah dia. Merintis usaha itu tidak harus dengan modal besar
melainkan dengan ke sungguhan dan pengelolaan yang benar tidak juga
berpendidikan tinggi tetapi dengan kemauan keras
1. NAMA KELOMPOK
1.Dede alamsyah
2.Jepri
3.Ade Rehan Rifanto
4.M Yusuf wiguna
5.M rival fadillah
Komentar
Posting Komentar